“Organization doesn’t really accomplish anything. Plans don’t accomplish anything, either. Theories of management don’t much matter. Endeavors succeed or fail because of the people involved. Only by attracting the best people will you accomplish great deeds” – General Colin Powell, Chairman (Ret), Joint Chiefs of Staff, ex US Secretary of State.

Pelaksanaan sebuah strategi dan rencana pada sebuah organisasi mutlak membutuhkan strategi dan perencanaan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan strategi dan rencana tersebut. Sumber daya manusia (SDM) merupakan sumber daya yang sangat vital bagi kesuksesan pelaksanaan strategi dan rencana organisasi tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk strategi dan rencana TI dari sebuah organisasi yang membutuhkan perencanaan SDM TI yang baik pula. Namun sayangnya, seringkali komponen SDM ini kurang mendapat perhatian yang memadai dari organisasi dalam menyusun strategi dan rencana TI. Perencanaan TI seringkali sangat dominan memberi titik tekan pada aspek Teknologinya, sehingga memunculkan roadmap implementasi teknologi dalam beberapa tahun ke depan. Padahal roadmap tersebut akan memiliki risiko tinggi untuk gagal ketika aspek kebutuhan SDM tidak/kurang diperhatikan. Kebutuhan dalam hal ini mencakup kebutuhan dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengoperasionalisasikan, memeliharanya, sampai dengan kebutuhan untuk memonitor dan evaluasinya.

Kami telah berpengalaman dalam melakukan kajian terhadap organisasi TI, perencanaan kebutuhan SDM TI baik yang bersifat kuantitatif (jumlah) maupun kualitatif (kualifikasi), asesmen SDM TI (bekerja sama dengan konsultan SDM/psikologi yang spesialis di bidangnya), sampai dengan rekrutmen SDM TI sesuai dengan rencana kebutuhan SDM TI tersebut.

1. Asesmen SDM TI Bank BTN
2. Perencanaan Pemenuhan Kebutuhan SDM TI BTN
3. Rekrutmen SDM TI Bank BTN Tahap I
4. Rekrutmen SDM TI Bank BTN Tahap II
5. Asesmen Kenaikan Golongan Jabatan SDM TI Bank BTN 
Proses review, analisis, desain dan perbaikan Organisasi dan SDM TI juga dilakukan pada setiap melakukan pekerjaan Master Plan TI.