Seperti kita bersama-sama pahami, pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) selain mendatangkan benefit bagi perusahaan juga menghadirkan risiko.

Risiko ini tentunya dapat mengakibatkan kerugian baik materiil (seperti kerugian finansial) ataupun immateriil (hancurnya image, hilangnya loyalitas pelanggan dll.) bagi bisnis perusahaan. Bahkan tidak mustahil risiko tersebut bisa berdampak pada ditutupnya perusahaan.

Risiko yang timbul akibat penggunaan TI ini seringkali tidak dapat dihindari atau ditiadakan sama sekali, sehingga yang dapat dilakukan adalah bagaimana kita mengelola risiko tersebut sehingga dampaknya masih dapat diterima oleh perusahaan. Di sini fokus dari IT Risk Management, dimana perusahaan berupaya mengelola setiap potensi risiko akibat penggunaan TI dengan mempertimbangkan cost and benefit dari setiap solusi terkait risiko tersebut.

Berbagai macam risiko dapat timbul akibat dari penggunaan TI biasanya disebabkan karena adanya sumber ancaman, kesempatan/ancaman itu sendiri dan jugakerentanan (vulnerability) yang dimiliki TI yang diimplementasikan.

iValueIT memiliki sumber daya manusia yang memiliki wawasan luas dan berpengalaman dalam membangun dan menerapkan IT Risk Management ini di perusahaan-perusahaan dengan berdasarkan standard/best practices yang berlaku. Pengalaman tersebut antara lain sebagai berikut: