Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan semakin hari semakin luas. Pada gilirannya hal ini tentunya menimbulkan ketergantungan perusahaan tersebut pada ketersediaan layanan TI. Dengan kata lain, setiap gangguan/terputusnya layanan TI dapat berakibat langsung/tidak langsung terhadap bisnis perusahaan.

Untuk itu, unit kerja TI (dan mungkin bekerja sama dengan unit terkait lainnya) di dalam sebuah perusahaan harus berusaha untuk memastikan layanan TI ini dapat dijaga dari setiap potensi gangguan yang mungkin terjadi.
Disaster Recovery Plan (Rencana pemulihan atas bencana yang terjadi) merupakan sebuah upaya dariĀ  sisi TI untuk memastikan bahwa dampak bencana bagi sebuah perusahaan dapat diminimalisir dengan secepat mungkin memulihkan aktivitas/layanan TI yang kritikal bagi kelangsungan bisnis perusahaan.

Dalam cakupan yang lebih luas lagi, terdapat rencana lain yang biasa dikenal sebagaiĀ Business Continuity Plan yang fokus pada memastikan keberlangsungan bisnis secara keseluruhan dengan memperhatikan potensi gangguan yang bukan saja disebabkan oleh bencana tetapi semua gangguan yang dapat mengancam bisnis perusahaan.

Dengan semakin banyaknya sumber ancaman yang ada saat ini baik yang disebabkan oleh manusia (virus komputer/jaringan, aktivitas cracking, tindakan teror, pemogokan, kerusuhan, dll.) maupun yang disebabkan oleh bencana alam (banjir, longsor, tsunami, gempa bumi, dll.) maka setiap perusahaan sebaiknya dengan bijak mulai serius mempertimbangkan adanya rencana-rencana seperti Disaster Recovery Plan/Business Continuity Plan di perusahaannya, dan memeliharanya secara periodik bila sudah ada.

Sumber daya iValueIT telah berpengalaman membantu penyusunan rencana-rencana tersebut di beberapa perusahaan, tentunya dengan dasar pemahaman yang baik dan komprehensif atas standard maupun best practices yang biasa digunakan dalam penyusunan Disaster Recovery Plan/Business Continuity Plan.

1. Penyusunan Disaster Recovery Plan di PT. PLN
2. Review Disaster Recovery Plan PT Pupuk Kaltim
3. Review Business Continuity/Disaster Recovery Plan PT Bank Papua