Indikator keberhasilan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) pada sebuah organisasi yang paling utama adalah tingkat sejauh mana TI tersebut dapat mendukung pencapaian obyektif strategis dari organisasi. Oleh karena itu penggunaan TI dalam sebuah organisasi sangat mutlak perlu diselaraskan dengan arahan strategis dari organisasi. Baru kemudian setelah keselarasan antara TI dengan arahan strategis ini dipastikan, maka siklusnya dapat dilanjutkan ke bagaimana nilai (value) TI dapat diperoleh oleh organisasi secara optimal sambil mengelola risiko-risiko yang mungkin ditimbulkan oleh TI.IT Master Plan

Dalam rangka untuk mengetahui, mengevaluasi serta terus meningkatkan kinerja dari TI dalam dukungannya terhadap organisasi tersebut maka diperlukan mekanisme pengukuran kinerja yang baik. Seperti terlihat pada gambar di atas, seluruh tahapan yang dijelaskan diatas memerlukan manajemen sumber daya TI yang baik. Termasuk ke dalam sumber daya TI yang perlu dikelola tersebut adalah sumber daya informasi, manusia, sistem aplikasi dan infrastruktur.

Dalam rangka untuk menyelaraskan antara TI dengan arahan strategis organisasi serta pengelolaan area-area dalam tata kelola TI organisasi inilah letak urgensi disusunnya Rencana Strategis Teknologi Informasi, atau Cetak Biru Teknologi Informasi (IT Blueprint). Sehingga seluruh langkah-langkah yang akan ditempuh oleh organisasi dapat selaras dengan usaha pencapaian obyektif dari organisasi.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana menyusun Rencana Strategis Teknologi Informasi atau ITBlueprint tersebut? Apa yang harus diperhatikan? Bagaimana langkah-langkahnya?

Melalui program ini, diharapkan outcome yang ingin diperoleh:
1) Peserta dapat memahami mengenai apa Perencanaan/Cetak Biru TI serta yang lebih penting lagi bagaimana menyusunnya dari awal sampai akhir.

2) Peserta dapat memahami bagaimana menyusun Perencanan/Cetak Biru TI yang baik sehingga dapat diterapkan pada organisasi/perusahaannya masing-masing baik pada peran sebagai penyusun (planner) ataupun sebagai pengawas kegiatan perencanaan yang dilakukan oleh pihak lain.

Target Peserta:

1) Manajemen Bisnis Senior sebagai pihak yang berkepentingan, pengguna dan sponsor terhadap inisiatif TI untuk mendukung bisnis perusahaan;
2) Manajemen TI sebagai penanggung jawab pengelolaan TI serta penyusun draft Rencana TI perusahaan;
3) IT Specific Engineer dan Praktisi TI untuk mengetahui bagaimana perencanaan TI dilakukan dan mengetahui kontribusinya terhadap perencanaan TI perusahaan

Waktu & Tempat

Tanggal: 27-28 September 2016

Tempat: Metro BnB Hotel Bandung

Trainer:

(1) Umar Alhabsyi, ST. MT. CISA. CRISC.

Lulusan Teknik Informatika ITB dan Magister Teknologi Informasi ITB, memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dalam melakukan pengembangan TI, aktif memberikan jasa konsultansi manajemen TI baik berupa perencanaan strategis TI, audit Teknologi informasi, IT Governance, IT Service Management, IT Risk & Security, dan lain-lain untuk berbagai sektor perusahaan dan organisasi.

Mendapatkan sertifikasi profesional internasional sebagai Auditor Sistem Informasi sejak 2007, sertifikasi bidang Risiko dan IS Control pada 2010, serta terus mengikuti dan berkontribusi aktif dalam perkembangan Teknologi Informasi berikut standard dan best practices yang berkaitan dengannya seperti CobiT, ITIL, ISO 17799/27001, Basel II, Balanced Scorecard, Six Sigma, NIST, dsb.

Diantara perusahaan yang pernah menjadi customer-nya antara lain adalah: PT Badak NGL, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Bank Tabungan Negara, PT Pos Indonesia, PT TELKOM, PTPN, PT PELNI, PT FIF, RSJPD Harapan Kita, PT Bukit Asam, PT PLN, PT Semen Gresik, Kemenkominfo, Kemendagri, Kemendiknas, dsb.

(2) Kurnia, ST, MT, CISA, CISM, CRISC, ITILF

Lulusan Teknik Elektro ITB dan Magister Teknologi Informasi ITB dengan pengalaman lebih dari 16 tahun di bidang Teknologi Informasi.

Memiliki pengalaman luas dan aktif berkontribusi dalam penyelenggaraan audit teknologi informasi dan konsultansi manajemen Teknologi Informasi seperti di bidang: IT Strategic/Master Planning, Information Security/ISO 27001 Compliance, IT Risk Management, IT Service Management/ISO 20000 Compliance, IT Project Management, ERP System Implementation QA, Business Continuity/Disaster Recovery Planning, dll.

Memiliki sertifikat international di bidang IT antara lain: CISA (Certified Information System Auditor), CISM (Certified Information Security Manager), CRISC (Certified in Risk and Information Systems Control) dan ITILF (IT Infrastructure Library).

Berpengalaman luas di Teknologi Informasi untuk perusahaan-perusahaan antara lain: PT Badak NGL, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Bank Tabungan Negara, PT Pos Indonesia, PT TELKOM, RSJPD Harapan Kita, PT Bukit Asam, PT PLN, Kemenkominfo, Kemendagri, Kemendiknas, Deprin, Pertamina dsb.

Materi dan Jadwal:

Selasa
08.30 – 09.00 Pendaftaran
09.00 – 10.30 Sesi 1: Dasar & Metodologi Penyusunan Perencanaan/Cetak Biru TIK
10.30 – 10.45 Coffee Break
10.45 – 12.15 Sesi 2: Bagaimana melakukan penyelarasan TI dengan arahan Bisnis (IT-Business Strategic Alignment)
12.15 – 13.15 Ishoma
13.15 – 14.45 Sesi 3: Bagaimana menyusun Arsitektur TI (Informasi, Aplikasi, Infrastruktur, Organisasi)
14.45 – 15.00 Coffee Break
15.00 – 16.30 Sesi 4: Bagaimana menganalisis Kesenjangan
Rabu
08.30 – 10.00 Sesi 5: Bagaimana melakukan analisis Prioritas, Portofolio, dan menyusun Roadmap TI
10.00 – 10.15 Coffee Break
10.15 - Selesai Sesi 6: Studi Kasus dan Diskusi penyusunan Perencanaan/Cetak Biru TI

Tempat:

Hotel Metro BnB, Metro Trade Center, Jalan Soekarno Hatta 590 Bandung.
https://goo.gl/maps/s7vjHCWrVWP2

Investasi:

Biaya pelatihan Rp. 3.500.000/orang.

Harga khusus:

a. Pendaftaran 3 peserta dari perusahaan yang sama maka biaya Rp. 3.000.000,-/peserta.

b. Early bird (Peserta menyelesaikan pembayaran seminggu sebelumnya), maka biaya Rp. 3.000.000,- /peserta

Apabila point a) dan b) terpenuhi maka biaya pendaftaran adalah Rp. 3.000.000,- per peserta

Fasilitas:

  1. Materi pelatihan dalam bentuk hardcopy dan soft copy (CD)
  2. Konsumsi selama pelatihan
  3. Training kit dan sertifikat

Informasi dan Pendaftaran:

iValueIT Consulting (PT IVIT Konsulindo)
Komplek Metro Trade Center (MTC) Blok H-12
Jl. Soekarno Hatta 590 Bandung 40286
Telp/Faz: +62-22-8730-2892/+62-22-8730-2882
Email:  info@ivitc.com