Audit TI, apa dan mengapa diperlukan?

Audit TI

Dewasa ini, organisasi dituntut untuk mengintegrasikan Teknologi Informasi yang dimilikinya dengan strategi bisnis organisasi dalam rangka untuk mencapai obyektif organisasi, mendapatkan nilai optimum dari informasi yang dikelola, dan terus meningkatkan kualitas teknologi yang tersedia untuknya. Teknologi Informasi yang sebelumnya hanya dipandang sebagai alat bantu untuk efisiensi atau efektifitas operasional telah bergeser menjadi enabler strategi bisnis dan bahkan kini TI telah dianggap sebagai bagian integral dari strategi bisnis itu sendiri.

Akibatnya risiko bisnis pun (disamping value yang didapat) menjadi ikut meningkat. Dari sini, Audit TI dibutuhkan untuk mengevaluasi kecukupan dari Sistem Informasi untuk memenuhi kebutuhan pemrosesan, mengevaluasi kecukupan dari kontrol internal, serta tentunya untuk memastikan bahwa seluruh aset yang dikendalikan oleh TI perusahaan telah cukup terlndungi.

SDM dan Kompetensi

Kami diperkuat oleh SDM kompeten dengan sertifikasi profesional yang diakui secara internasional seperti CISA (Certified Information System Auditor), CISM (Certified Information Security Manager), CRISC (Certified in Risk and Information System Control), dll.

Didukung pula oleh penguasan berbagai framework, standard dan best practices yang diakui secara luas seperti COBIT, ITIL, TOGAF, ISO/IEC series (27001/27002, 20000, dll), standard internal auditor, regulasi terkait sektor tertentu (misal Peraturan BI, dll). Tentu saja standard, framework, dan best practices tersebut tidak dapat langsung diadopsi begitu saja, namun perlu penyesuaian dengan kondisi dan kebutuhan organisasi/perusahaan yang terkait. Karena pengadopsian standard/framework/best practices tanpa penyesuaian relevansinya dengan organisasi dapat berdampak kurang baik dalam pencapaian tujuan audit yang dilakukan, disamping inefisiensi aktifitas baik bagi Auditor maupun Auditee.

Berikut beberapa track record kami dalam melakukan Audit TI:

1. Audit/Review atas Pengelolaan TI PT Bukit Asam (2014) 
2. Audit atas tata kelola TI RSJPD Harapan Kita (2010)
3. Audit atas TI PT Sarinah (2012)
4. Review Audit Internal TI PT BNI Syariah (2013 dan 2016)
5. Review Audit Internal TI PT BPD Papua (2015)
8. Audit General TI PT BPD Sulawesi Tengah (2016)