Perum Jasa Tirta II (PJT2) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air. PJT2 telah mencanangkan visi perusahaan untuk menjadi perusahaan terkemuka bidang pengelolaan sumber daya air di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2018 ini. Saat ini PJT2 memberikan layanan berupa pembangkit dan penyaluran tenaga listrik, distribusi air baku, penyediaan air bersih (SPAM), kepariwisataan, pemanfaatan aset, jasa laboratorium, dan air minum dalam kemasan. Dalam periode 5 tahun mendatang (2018-2022), PJT2 telah menetapkan arah pengembangan perusahaan dengan mengacu pada perekonomian nasional dan pencapaian periode sebelumnya.

Selama ini bisnis perusahaan masih banyak dilakukan dengan metode-metode tradisional dengan sedikit sentuhan teknologi pada beberapa bagian yang terpisah-pisah. Dalam perkembangannya untuk dapat mencapai sasaran-sasaran bisnis yang telah dicanangkan, PJT2 mutlak membutuhkan dukungan teknologi, dalam hal ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang mendukung pengelolaan bisnis perusahaan yang lebih baik dan terintegrasi. Dukungan TIK ini juga diperlukan untuk memungkinkan kelincahan perusahaan dalam pengembangan dan inovasi bisnis.

Namun demikian penerapan TIK pada bisnis perusahaan membutuhkan tata kelola yang baik sehingga memungkinkan realisasi manfaat yang optimalĀ  serta menekan risiko-risiko yang mungkin ditimbulkan. Langkah awal dalam penerapan tata kelola TI tersebut adalah melakukan Master PlanĀ TI yang komprehensif yang selaras dengan kebutuhan bisnis perusahaan ke depan.

Kami, PT IVIT Konsulindo bekerja sama dengan PT PGAS Telekomunikasi Nusantara, dipercaya untuk membantu Perum Jasa Tirta II dalam menyusun Master Plan TI yang komprehensif tersebut dalam bentuk Master Plan TI untuk kebutuhan perusahaan periode 2018-2022. Alhamdulillah, hasil pekerjaan kami diterima dan memuaskan manajemen dan para pihak terkait. Semoga menjadi awal transformasi digital perusahaan yang gemilang ke depan. [ivitc]