Call us on
(022)-614-611-26
  • iValue IT Consulting & Training | Delivering Integrated Value through IT
  • iValue IT Consulting & Training | Delivering Integrated Value through IT
  • iValue IT Consulting & Training | Delivering Integrated Value through IT
  • iValue IT Consulting & Training | Delivering Integrated Value through IT

Change management

Perubahan merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan ini. Bahkan perubahan merupakan suatu hal yang harus dilalui dalam melakukan sebuah perbaikan (improvement). Begitu juga dengan penerapan teknologi informasi, perubahan seringkali harus dilakukan guna membawa perusahaan/institusi ke arah yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Dalam konteks perusahaan/institusi misalnya, perubahan dapat terjadi pada bisnis proses, deskripsi kerja, kebijakan, prosedur, struktur organisasi dan lain sebagainya. Salah satu contoh penyebab harus dilakukannya perubahan, Penggunaan teknologi atau infrastruktur baru dan pengembangan serta penerapan suatu sistem aplikasi baru merupakan contoh-contoh pemicu diharuskannya dilakukan sebuah perubahan.

Meskipun sebuah perusahaan/institusi melakukan perubahan-perubahan dengan tujuan perbaikan atau pun membawa perusahaan/institusi tersebut ke arah/kondisi yang lebih baik, namun seringkali yang terjadi adalah perubahaan itu justru memberikan dampak negatif yang berakibat misalnya terganggu proses bisnis perusahaan, bahkan tidak mungkin terjadi kekacauan karena perubahan terkait penerapan sebuah sistem aplikasi.

Tentu saja hal tersebut tidak diinginkan, sehingga perlu sebuah mekanisme yang dapat mengontrol perubahan-perubahan sebelum dan setelah dilakukannya perubahan tersebut. Disinilah pentingnya change management.

Dengan adanya change management, maka setiap perubahan harus melalui prosedur standard yang mengontrol setiap perubahan mulai dari identifikasi sampai pelaksanaan perubahan tersebut. Bahkan pasca implementasi perubahan perlu juga dilakukan evaluasi.

Sumber daya iValueIT memiliki wawasan dan pengalaman dalam mengimplementasikan change management dengan berdasarkan standard/best practices yang umum dipakai diantaranya membantu dalam menerapkan change management dalam implementasi ERP (Enterprise Resource Planning) di sebuah perusahaan besar.